cita cita young animator sahabat jurnalis

Halaman

Minggu, 24 Januari 2010

Nambahin ’smiley’ di blogspot

Ada yang nge-request untuk ngasih tau caranya nambahin ’smiley’ di blogspot..err sebenarnya bukan request caranya, tapi request sourcenya hehe, tapi sekalian aja ngasih tau caranya, mudah-mudahan postingan ini bisa nge-solve requestnya ya, insyaAllah . yang dimaksud dengan smiley disini ya yang kayak gini : . caranya ampir mirip dengan cara memasukkan image ke blogspot, yaitu bagian “add another image from website”. hanya saja, aku ngerasa aga ribet jadinya langsung ketik aja kodenya di text area (yang aku maksud text area di sini adalah area “Edit HTML”)
smiley itu bermacam-macam jenisnya. yang aku gunakan barusan itu namanya ‘kao smiley’. belum explore lebih jauh kenapa disebut seperti itu. yang aku tau, ciri-ciri khas dari kao smiley itu adalah mengambang. dan biasanya bentuknya kayak buah labu gitu, kayak gini: ga terlalu bagus memang, itu bikin sendiri nah, kalo smiley yang barusan itu, itu ngambil dari emoticonsnya Ragnarok.
gimana caranya memasukkan smiley ke blogspot?
sebelumnya, dari mana source smiley kita nantinya? kita cari yang gampang aja ya yang aku tau ada dua cara, pertama dengan nge-link smiley dari website-website yang nyediain hosting smiley gratis. biasanya mereka sudah mengupload berbagai macam smiley ke server mereka, dan mereka sudah menyediakan berbagai macam kode (html or UBB) yang bisa kita pakai di website kita untuk memunculkan smiley yang mereka host. contohnya di sini. tapi websitenye pake bahasa deutch ya? tapi bisa ditebak-tebak sedikit maksudnya apa .(nda tau sebenarnya bahasa apa itu aku biasanya ngambil di sini,cuman servernya lagi down kayaknya. kalo misalnya suatu hari ngeliat blog mela ada smileynya dan di hari lain ga ada, kesalahan belum tentu pada browser anda, bisa berarti situsnya lagi down ). ok here we go. perhatikan di bagian atas, ada kotak putih dengan tulisan

Smilie anklicken und den hier angezeigten Code kopieren!

, di bawahnya ada tiga option button, klik pilihan “Nur URL”. lalu coba klik salah satu kao-smiley-nya. misalnya, aku klik kotak pertama di bagian kiri atas. perhatikan kotak dengan tulisan “Smilie anklicken und den hier angezeigten Code kopieren!” berubah menjadi tulisan

http://www.smilieportal.de/smilies/kaos/1/1.gif
copy kode itu. pada saat ingin menambahkan smiley di post anda, paste kode yang dicopy tadi dalam format seperti ini

ini adalah kao-smiley
dan kalo di-preview, hasilnya insyaAllah akan jadi seperti ini:

ini adalah kao-smiley
simple kan? tapi mungkin yang aga ribetnya karena harus ngetik tag nya
source smiley yang kedua adalah kita memanfaatkan website-website yang nyediain free images hosting, contohnya si emberfoto alias Photobucket. kita bisa upload sendiri gambar-gambar smiley yang kita punya di sana, dan kita bisa membuat link untuk smiley kita di emberfoto. membuat linknya hampir sama dengan cara sebelumnya. emberfoto menyediakan kode url yang bisa kita pakai.
untuk mendapatkan kao-smileys tersebut, bisa nanya pada akang Google. gunakan keywords: kao smiley.
semoga bermanfaat ya.
oya, ada source kao-smiley yang banyak jg nih di sini, tapi situsnya pake bahasa prancis, tapi kayaknya kita ga bisa direct link imagenya langsung di situs kita tapi ga tau jg, abisnya bahasa prancis sih..ada yang ngerti ngga?

0 komentar:

Posting Komentar

what your opinion?