cita cita young animator sahabat jurnalis

Friday, February 4, 2011

seputar Pisang

Siapa yang tak kenal dengan pisang? Hampir semua orang tahu tentang pisang. Buah yang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi ini digemari oleh hampir semua kalangan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa fakta tentang pisang yang belum diketahui banyak orang? Intip yuuk...

1. Pisang secara alami merupakan radioaktif. Hal ini berasal dari fakta bahwa buah ini mengandung kalium dalam jumlah yang cukup besar. Secara spesifik, buah berwarna kuning ini mengandung kalium-40, yang mana merupakan isotop radioaktif dari kalium.

2. Hampir semua jenis pisang yang komersial (Cavendish) berasal dari satu keluarga yang asli dari Asia Tenggara serta merupakan klon yang sempurna satu sama lain. Oleh karena itu sangat mudah bagi buah ini untuk menyebar luas ke seluruh dunia dalam waktu yang cukup singkat.

3. Sebelum Cavendish, pisang jenis Gros Michel lebih dulu populer. Sama seperti Cavendish, Gros Michel ini juga cepat sekali menyebar di seluruh dunia sekitar awal sampai pertengahan abad ke-20. Sebenarnya pisang jenis ini lebih diunggulkan daripada Cavendish karena lebih besar dan rasanya juga lebih enak. Namun, sedikit sulit dalam pendistribusian karena ukurannya yang besar.

4. Ada lebih dari 1000 jenis pisang di dunia ini, namun, kebanyakan tidak begitu sedap rasanya. Belum ada yang bisa mengalahkan pisang jenis Cavendish sampai saat ini.

5. Pisang Goldfinger termasuk salah satu jenis pisang yang sedap rasanya. Namun, rasanya tidak seperti pisang pada umumnya. Goldfinger lebih terasa seperti apel. Varietas pisang ini dikembangkan oleh Philip Rowe melalui kawin silang, namun hanya bisa ditemukan di beberapa daerah di Australia saja.

6. Lebih dari 100 miliar pisang dikonsumsi setiap tahunnya di dunia dan membuat buah yang kaya vitamin B6 ini menjadi produk agrikultur ke-4 terlaris di dunia setelah beras, gandum, dan jagung.

7. Orang Amerika mengonsumsi pisang lebih banyak dari buah lainnya dengan rata-rata 13,1 kg per tahun.

8. Uganda merupakan negara dengan jumlah rata-rata pengonsumsi pisang terbesar di dunia. Penduduk Uganda mengonsumsi sekitar 250 kg pisang per orang dalam setahun.

9. Pisang tidak tumbuh di pohon. Agaknya mereka tumbuh dari struktur akar yang memproduksi batang di atas tanah. Tanaman ini diklasifikasikan sebagai tanaman arborescent parennial, sejenis tanaman bunga rempah terbesar di dunia.

10. Sama menariknya seperti pohon pisang yang termasuk dalam rempah-rempah, pisang sendiri sebenarnya termasuk dalam buah berry.

11. Memakan pisang bisa membuat Anda jadi ceria. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam amino, tryptophan ditambah vitamin B6 yang bersama-sama membantu tubuh memproduksi seratonin (senyawa alami yang bisa meredakan depresi).

12. Pisang merupakan salah satu buah paling sehat karena memiliki banyak kandungan dan hampir tidak berlemak. Buah ini rendah kalori, kaya vitamin B6, serat dan kalium. Pisang juga mengandung fosfor, magnesium, kalsium, besi, serta banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2, C, E, K. Menurut FDA makan pisang dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan kanker.

Ternyata banyak sekali yang belum kita ketahui tentang pisang. Nah, akan baik sekali untuk mengonsumsi pisang setiap harinya, mengingat pisang dapat mengurangi risiko dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Tetap sehat dengan pisang!
 
* semoga bisa berguna ^,^ * 

re posted

0 komentar:

Post a Comment

what your opinion?